TANTANGAN DAN PELUANG MAHASISWA DALAM REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0

 Industri 4.0 berfokus pada pengembangan industri untuk menggunakan teknologi guna mempermudah kehidupan masyarakat, Sedangkan Society 5.0 berfokus pada penggunaan teknologi namun tetap mengandalkan manusia sebagai pemeran utamanya.

Mahasiswa memiliki peran yang sangat penting dalam menghadapi pendidikan pada era society 5.0, dimana mahasiswa dituntut untuk berfikir kritis, kreatif, serta mampu memunculkan ide-ide atau inovasi baru di tengah-tengah masyarakat yang disugukan dengan teknologi digital. Dengan kemunculan era society 5.0 ini telah memberi pengaruh yang sangat besar terhadap dunia pendidikan. Tantangan yang dihadapi pun sangat lah tidak mudah, oleh karena itu mahasiswa harus bijak dalam memanfaatkan teknologi digital pada masa kini demi kemajuan dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (Library Research) dengan menggunakan data sekunder dikarenakan sangatlah sesuai dengan topik penelitian tersebut seperti era society 5.0, hakikat pendidikan, serta peran mahasiswa. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana mahasiswa mampu beradaptasi, peka terhadap dunia pendidikan, kreatif dan inovatif dengan memunculkan berbagai inovasi-inovasi baru untuk menunjang dunia pendidikan agar mampu bersaing secara global.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut kita harus mempunyai persiapan untuk menghadapi era tersebut.

yaitu : Keterampilan digital,pemahaman tentang teknologi dan inovasi, pendidikan yang relavan,sikap yang adaptif, kesiapan mental

FAKTA ARTIFICIAL INTELIGENCE

1. penggunaan AI berlebihan berrti meragukan kecerdasan kita

2. keterbatasan AI dalam akses data penggunaan bahasa.


Lihat teman saya : 

MENGGUNAKAN AI SECARA ETIS

1. Menjadikan AI sebgai asisten

2. Menggunakan AI untuk lebih produktif


 Lihat teman saya : Firda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pancasila sebagai pembangunan menuju indonesia emas

MAHASISWA UNUSA BERINTELEKTUAL DENGAN ANTI KEKERASAN SEKSUAL,ANTI PERUNDUNGAN REMAJA ,ASYIK TANPA USIK

PERAN MAHASISWA DALAM KEPEDULIAN LINGKUNGAN UNTUK KESEHATAN DARI PERWUJUDAN INDONESIA EMAS